memori dan modul pada komputer

10:36 AM
Anda mungkin sering mendengar istilah RAM. Istilah ini sering diasosiasikan dengan memori. Tidak sepenuhnya salah dan tidak sepenuhnya benar pula, karena kedua istilah tersebut (RAM dan memori) sebenarnya memiliki arti yang berbeda. Secara fungsi, memang memori tak berbeda dengan harddisk karena dapat digolongkan sebagai piranti “penyimpan data”. Akan tetapi, oleh para teknisi, memori tidak digolongkan sebagai media penyimpanan seperti harddisk karena kecepatan pengubahan datanya. Hard disk memiliki access speed yang relative lebih lambat daripada memori. Oleh karena itu, lengkapnya, memori dapat dideskripsikan sebagai perangkat elektronik penyimpan data sementara yang akan atau telah diproses oleh alat proses dan memiliki kecepatan akses data yang tinggi.

Fungsi memori di dalam system komputer adalah menyimpan data sementara. Data sementara yang dimaksud adalah data yang akan di proses ke prosesor atau baru saja di proses dari prosesor.

Jenis jenis Memori:
Berdasarkan kemampuannya ditulisi dan dibaca, memori dibagi menjadi dua jenis:

  1. ROM (Read-Only-Memory) adalah memori memori yang isinya hanya dapat dibaca. Dengan kata lain, data yang tersimpan di dalamnya hanya dapat ditulis satu kali dan selanjutnya isi memori tersebut hanya dapat dibaca tanpa bisa diubah. Kalaupun isi memori tersebut dapat diubah, bukan dengan cara biasa. Dibutuhkan alat atau metode khusus untuk menghapus isi memori kemudian deprogram ulang dengan isi yang baru. Contoh memori ROM adalah chip memori program BIOS
  2. RAM (Random-Access-Memory) adalah jenis memori yang digunakan sebagai memori utama dalam system komputer modern. Memori ini sifatnya dapat dibaca dan ditulis ulang. Dangan kata lain, data yang tersimpan di dalam memori tersebut dapat ditulis ulang, dibaca, dan diubah-ubah dengan satu metoda. Karakter lainnya adalah hilang nya data tersimpan di memori jika memori ini terputus dari sumber listriknya.

Berdasarkan spesifikasi modulnya, memori dapat dikenal sebagai berikut:
  • Magnetic Core Memory, ini adalah memori komputer masa lalu. Memori ini di memanfaatkan perubahan pola elektromagnetik yang digenerasi oleh inti elektromagnetik.
  • FPRAM, berasal dari Fast Page Mode DRAM, memori ini digunakan pada komputer komputer masa lalu seperti komputer yang berprosesor.
  • EDORAM, memori ini diperkenalkan bariringan dengan rilisnya chipset Intel 430 FX pada 1995. Memori ini menggantikan FPRAM. Extended Data Out Random Accees Memory dirancang untuk mengakomodasi kebutuhan bandwith serta kecepatan proses Pentium I yang jauh lebih cepat dari Intel 486DX.
  • SDR SDRAM adalah Singgle Data Rate Synchronous Dynamic Random Accees Memory. Memori ini pernah digunakan untuk system Komputer berbasis intel Pentium II hingga Intel Pentium III.
  • DDRAM SDRAM adalah singkatan dari Double Date Rate Synchronous Dynamic Random Accees Memory. DDR SDRAM adalah jenis memori yang umum ditemukan pada komputer modern. DDR I digunakan untuk platform system komputer dengan prosesor Pentium IV Wilemate.
DDR RAM
  • RDRAM adalah singkatan dari Rambus Dynamic Random Access Memory, sebuah memori khusus yang dibuat oleh perusahaan Rambus, memori ini diperuntukkan untuk Intel Pentium IV keluaran Awal (Wilemate) dan menggantikan SDRAM yang kecepatannya kurang Optimal untuk mengapasitasi kecepatan Intel Pentium IV. SDRAM hanya bekerja dengan kecepatan 133 MHz, akan tetapi, RDRAM akhirnya ditinggalkan karena memiliki banyak kontroversi. Chip memorinya menghasilkan panas yang sangat tinggi sehingga setiap modul memori RDRAM selalu diapasangi heat spreader. Selain pada PC, RDRAM juga digunakan pada konsol game seperti Nintendo 64, Sony Playstation 2, dan Sony Playstation 3 (XDR DRAM)

Artikel Terkait

Previous
Next Post »