Cara Membuat Search Kotak Penelusuran

7:12 AM
Cara membuat tombol search atau kotak penelusuran di blog. Kotak penelusuran, jika kita memasukan kata kunci didalam kotak penelusuran, maka akan muncul artikel-artikel dari dalam blog kita, yang sesuai dengan kata kunci yang kita masukan. Tidak hanya kata kunci yang mendekati judul dari artikel kita, tapi juga artikel dengan isi yang sesuai dari kata kunci yang dimasukan di kotak search.

membuat kotak penelusuran diblog

Untuk lebih jelasnya, silakan masukan kata kunci didalam kotak search dibawah ini. Maka akan terbuka halaman baru yang menampilkan artikel-artikel dari blog ini, yang berkaitan dengan kata kunci yang dimasukan.


Cara membuat kotak search atau kotak penelusuran di blog, Ikuti langkah-langkah dibawah ini.
  1. Login ke blogger, pada halaman dasbor. Pilih pengaturan TATA LETAK.
  2. Tambahkan Gadget, Dan pilih HTML/Javascript.
  3. Selanjutnya, copi kode dibawah ini. Dan pastekan di gadget HTML/Javascript tadi
  4. <form action="http://fandrajuani.blogspot.com/search" method="get">
    <input class="textinput" name="q" size="48px" type="text"/>
    <input value="search" class="buttonsubmit" name="submit" type="submit"/></form>
  5. Save Gadget, lalu pindahkan ke tempat yang kalian inginkan. Selesai.
Keterangan Kode Langkah 3: http://fandrajuani.blogspot.com/ ganti dengan URL blog kalian, dan 48px lebar kotak search, semakin besar angkanya maka akan semakin lebar kotak search nya.
Sebenarnya widget search/kotak penelusuran, sudah disediakan oleh blogger. Tapi lebarnya kotak penelusuran otomatis, mengikuti lebar dari layout yang kita pasangi widget search/kotak penelusuran. Dengan memasang kotak search seperti diatas, kita dapat mengatur lebar kotak search sesuai dengan yang kita inginkan, kodenya juga sedikit, tidak membuat blog menjadi berat atau lama untuk dibuka.

Untuk membuat kotak penelusuran yang sedikit lebih sulit, yang ada tulisan googlenya, baca di google custom search di blog. Silakan baca juga artikel saya yang lainnya, seperti cara cara membuat tombol share di blog atau cara membuat artikel terkait di blog dan juga artikel saya yang lainnya.
Semoga bisa bermanfaat untuk anda.

    Artikel Terkait

    Previous
    Next Post »