Arsitektur sistem operasi

3:43 PM
     2) Arsitektur  Sistem  Operasi Arsitektur  perangkat  lunak  adalah  merupakan  struktur-struktur  yang menjadikan  landasan  untuk  menentukan  keberadaan  komponen-komponen perangkat  lunak,  metode  atau  cara  untuk  mengelola  (organisasi)  komponenkomponen  tersebut  untuk  saling  berinteraksi.  Komponen  tersebut  merupakan program-program  bagian  (prosedur,  fungsi)  yang  akan  dieksekusi  oleh  program utama.                       Arsitektur  system  operasi  adalah  merupakan  arsitektur  perangkat  lunak  yang  digunakan  untuk  membangun  suatu  perangkat  lunak  sistem  operasi  yang akan  digunakan  dalam  sistem  komputer.
     Perkembangan  arsitktur  system operasi  modern  ini  semakin  komplek  dan  rumit  sehingga  memerlukan  sistem operasi  yang  dirancang  dengan  sangat  hati-hati,  cermat  dan  tepat  agar  dapat berfungsi  secara  optimum  dan  mudah  untuk  dimodifikasi.   Sistem  operasi  merupakan    kumpulan  dari  program-program  (prosedur,fungsi,  library)    dimana  prosedur  dapat  saling  dipanggil  oleh  prosedur lain di  sistem  bila diperlukan”.  Sistem  pemanggilan  program  untuk  mendapatkan layanan  dari  sistem  operasi  tersebut  dikenal  dengan  nama  System  Call  atau API  (aplication  programming  interface).  Berbagai  ragam  Arsitektur  system operasi  moderen  diantaranya  adalah  :  1)  System  Monolitik.  2)    System  Berlapis. 3)  System  Client/server.  4)  System  Virtual  mesin  dan  5)  System  Berorientasi objek.
a)  Sistem  monolitik Sistem  monolitik  Merupakan  struktur  sistem  operasi    sederhana  yang  dilengkapi dengan  operasi  “dual”  pelayanan  {sistem  call}  yang  diberikan  oleh  sistem operasi.  Model  sistem  call    dilakukan  dengan  cara  mengambil  sejumlah parameter  pada  tempat  yang  telah  ditentukan  sebelumnya,  seperti  register  atau stack  dan  kemudian  mengeksekusi  suatu  intruksi  trap  tertentu  pada  monitor  mode.
     Pada  model  ini,  tiap-tiap  sistem  call  memiliki  satu  service  procedure.  Ulitity  procedure  mengerjakan  segala  sesuatu  yang  dibutuhkan  oleh  beberapa  service  procedure,  seperti  mengambil  data  dari  user  program.  
     Mekanisme  dan  prinsip  kerja  model  struktur  monolitik  sistem  operasi  ini  adalah  sebagai  berikut:
    User  program  melakukan  “trap”  pada  karnel
    Intruksi  berpindah  dari  user  mode  ke  monitor  modedan mentransfer control  ke  sistem  operasi.
    Sistem  operasi  mengecek  parameter-  parameter  dari pemanggilan tersebut,  untuk  menentukan  sistem  call  mana  yang memanggil.
    Sistem  operasi  menunjuk  ke  suatu  table yang  berisi  slot  ke-k  yang  menunjuk  sistem  call  K  (Kontrol).
    Kontrol  akan  dikembalikan  kepada  user  program,  jika sistem  call  telah  selesai  mengerjakan  tugasnya.  Tatanan  ini  memberikan  suatu struktur dasar  dari  sistem  operasi  sebagai  berikut  :
     -  Program  utama  meminta  service  procedure.
     -  Kumpulan  service procedure yang dibaca oleh  sistem  call.
     -  Kumpulan  utility  procedure yang membantu service procedure. Keunggulan dari  system  Monolitik  ini  adalah:
layanan  terhadap  job-job  yang  ada bisa dilakukan  dengan  cepat  karena  berada pada  satu  ruang  alamat  memory. Sementara itu  kelemahan dari  system Monolitik  adalah:
    Pengujian  dan  penghilangan  kesalahan sulit  dilakukan  karena  tidak  dapat dipisahkan  dan  dilokasikan,  
    Sulit dalam  menyediakan  fasilitas pengamanan.
    Kurang  efisien  dalam  penggunaan memori  dimana  setiap  computer  harus menjalankan  kernel    yang  besar sementara  tidak  memerlukan  seluruh layanan  yang  disediakan  kernel.
    Kesalahan  pemrograman  di  satu bagian  kernel  menyebakan  matinya seluruh sistem
       b)  Sistem  berlapis   Teknik pendekatan  struktur  sistem  berlapis sistem  operasi  pada  dasarnya dibuat menggunakan  pendekatan  top-down, semua  fungsi  ditentukan dan  dibagi menjadi  komponen  komponen. Modularisasi  sistem  dilakukan  dengan cara memecah  sistem  operasi  menajdi  beberapa  lapis  (tingkat).  Lapisan  terendah (layer  0)  adalah  perangkat  keras  dan  lapisan  teratas  (layer  N)  adalah  user interface.  Dengan  system  modularisasi,  setiap  lapisan  mempunyai  fungsi (operasi)  tertentu dan  melayani  lapisan  yang  lebih rendah.  System  operasi  pertama  kali  yang  memakai  system  berlapis  adalah  THE.  System  operasi  THE  yang  dibuat  oleh  Dijkstra  dan  mahasiswa-mahasiswanya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »