Instalasi sistem operasi menggunakan metode clean instal

8:00 PM
        Dua hal penting sebelum melakukan instalasi sistem operasi dalam sistem komputer adalah memastikan komputer dalam kondisi baik dan memasitikan CD installer atau master program (misal windows 7) telah tersedia beserta lisensinya. Uraian dibawah ini menjelaskan langkah-langkah instalasi sistem operasi menggunakan metode clean instal.
    Metode clean install ini dilakukan dengan menghapus semua data sistem yang ada dengan menghapus partisi dimana sistem itu dipasang, kemudian membuat partisi baru selanjutnya melakukan instalasi sistem. Sistem operasi yang akan dipasang kembali adalah windows 7. Adapun langkah-langkah proses instalasi tersebut adalah sebagai berikut :
      1) Pastikan perangkat-perangkat komputer dalam kondisi baik kemudian hidupkan atau nyalakan            Komputer atau laptop
      2) Masuk ke Setup menu dengan menekan F2 (atau Esc, F1, F10 atau Del. Tampilan Setup Utility           bermacam-macam tergantung dari merk BIOSnya.
      3) Ubah Boot Pertama Ke CD/DVD, namun jika dari Flash Disk Ubah Boot Pertama ke Flash                Disk, ini diperlukan agar Boot Pertama dilakukan melalui Windows 7 DVD Installer atau Flash             Disk.
      4) Pilih menu boot atur prioritas booting pertama pada CD-rom Drive/DVD.
      5) Pastikan DVD Windows 7 Installer terpasang pada Drive DVD
      6) Simpan perubahan dan keluar dari menu setup dengan menekan menu Exit kemudian pilih exit           and saving atau dengan menekan tombol F10 kemudian pilih yes.
      7) Pastikan DVD installer Windows 7 terpasang pada CD/DVD ROMl
      8) Setelah booting dari CD/DVD tekan pada sembarang tombol.
      9) Proses“starting windows” sedang berjalan
     10) Pilih bahasa, waktu, format mata uang, keyboard atau metode input dan klik Next
     11) Klik tombol instal now
     12) Contreng I accept the license terms dan klik Next.
     13) Pilihan Upgrade digunakan jika sudah mempunyai versi Windows sebelumnya atau pilihan                  Custom (advanced) digunakan jika tidak memiliki versi Windows sebelumnya atau ingin                       menginstal sistem Windows 7 baru.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »