Konsep Proses Pada Sistem Operasi Linux

1:20 PM
   Proses adalah program yang sedang dieksekusi. Setiap kali menggunakan utilitas sistem atau program aplikasi dari shell, satu atau lebih proses ”child” akan dibuat oleh shell sesuai perintah yang diberikan. Setiap kali instruksi diberikan pada Linux shell, maka kernel akan menciptakan sebuah proses-id. Proses ini disebut juga dengan terminology Unix sebagai sebuah Job. Proses Id (PID) dimulai dari 0, yaitu proses INIT, kemudian diikuti oleh proses berikutnya (terdaftar pada /etc/inittab), seperti pada gambar berikut ini
beberapa tipe proses pada sistem operasi Linux dijelaskan sebagai berikut :

·      Foreground
Foreground adalah suatu proses yang diciptakan oleh pemakai langsung pada terminal (interaktif, dialog)
·      Batch
Batch merupakan suatu proses yang dikumpulkan dan dijalankan secara sekuensial (satu persatu). Proses Batch tidak diasosiasikan (berinteraksi) dengan terminal.
·      Daemon
Daemon merupakan suatu proses yang menunggu permintaan  (request) dari proses lainnya dan menjalankan tugas sesuai dengan permintaan tersebut. Apabila  tidak ada request, maka program ini akan berada dalam kondisi “idle” dan tidak menggunakan waktu hitung CPU. Umumnya nama proses daemon di UNIX berakhiran d, misalnya inetd, named, popd dan lain-lain.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »