Masalah – masalah Unjuk Kerja pada Jaringan Komputer

8:18 PM
Berapa masalah unjuk kerja, misalnya kemacetan, di sebabkan oleh kelebihan beban sumber daya secara berkala. Bila lalu lintas padat yang melebihi kemampuan router secara tiba – tiba sampai di router, maka kemacetan akan mulai terbentuk dan unjuk kerja pun mulai terganggu.
Unjuk kerja juga akan menurun bila terdapat ketidakseimbangan pada struktur sumber daya. Misalnya, bila suatu saluran komunikasi gigabit dihubungkan ke PC yang unjuk kerjanya rendah, maka CPU tidak akan mampu memproses paket – paket yang masuk dengan sangat cepat, karena itu sebagian paket akan hilang.Contoh kedua kelebihan beban sinkron adalah keadaan setelah terjadinya gangguan listrik.Bahkan bila tanpa kelebihan beban sinkron dan terdapat sumberdaya yang cukup sekalipun, unjuk kerja yang buruk dapat terjadi sehubungan dengan adanya kurangnya pengaturan sistem.
Kualitas penting yang perlu diingat ketika akan melakukan unjuk kerja jaringan adalah perkalian delay bandwith. Nilai ini di peroleh denagn mengalikan bandwith(dalam bit/detik) oleh waktu delay pulang pergi (dalam detik). Perkalian ini merupakan kapasitas saluran dari penerima ke pengirim dan kembali ke penerima.Kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa untuk memperoleh unjuk kerja yang baik, jendela pengirim paling tidak harus sebesar perkalian delay – bandwith , akan lebih baik lagi bila lebih besar karena penerima mungkin tidak dapat memberikan respon dengan segera. 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »