Menerapkan Pengetahuan Tentang Proses Pembuatan Simulasi Visual Tahap Praproduksi - Ide, Gagasan, dan Premis

1:36 PM
   Anda telah mempelajari materi Presentasi Video pada Buku Simulasi Digital Jilid I. Bacalah kembali semua materi yang terkait dengan ide atau gagasan, pada buku tersebut, Presentasi Video Kegiatan Belajar 14.

Dalam kehidupan keseharian, Anda tidak pernah lepas dari masalah. Anda memerlukan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Ketika Anda harus memotong rumput, misalnya, Anda memerlukan benda kerja berbentuk gunting rumput atau pemotong rumput bertenaga listrik.
 Pengamatan Kasus 1

  Seandainya di rumah Anda sudah tersedia gunting rumput, Anda harus memastikan bahwa gunting rumput tersebut siap untuk Anda gunakan melaksanakan pekerjaan Anda. Dalam hal Anda mendapati gunting rumput tersebut tumpul, Anda harus mengasahnya terlebih dahulu agar menjadi tajam dan siap digunakan, artinya Anda sudah membuat gunting rumput tersebut berfungsi kembali. Dari pengalaman beberapa kali mengasah gunting rumput, mungkin Anda menemukan cara mengasah yang paling efektif. Hanya dengan beberapa kali menggesekkan bilah gunting tersebut pada batu asah, Anda sudah mendapatkan ketajaman gunting rumput seperti yang Anda kehendaki. Anda pastikan bahwa cara Anda mengasah gunting rumput, berbeda dari cara orang yang lain mengasah benda yang sama. Dalam hal ini Anda telah menemukan cara bekerja baru untuk mengasah gunting rumput, namun tidak merusak benda tersebut.
      Pengamatan Kasus 2
Seandainya di rumah Anda sudah tersedia gunting rumput yang tajam, tetapi salah satu kayu pegangan lepas dan hilang, akankah Anda diam dan tidak melanjutkan pekerjaan? Akankah Anda gunakan benda tersebut seadanya meskipun Anda merasa tidak nyaman menggunakannya, sehingga proses bekerja Anda menjadi lebih lama?
Anda dapat mencari kayu lain dan membuatnya dengan meniru bentuk kayu pegangan tersebut agar nyaman dipakai.
 Pengamatan Kasus 3
Seandainya di rumah Anda tidak tersedia gunting rumput, yang ada hanyalah gunting besar (mungkin gunting kertas atau gunting kain) yang sudah tidak digunakan lagi. Tidak tergerakkah Anda untuk memanfaatkannya, memodifikasi dengan melapisi pegangannya dengan perca kain agar nyaman digunakan?
 Pengamatan Kasus 4
Seandainya di rumah Anda tidak tersedia gunting rumput dan Anda mengetahui bahwa gunting rumput diperlukan oleh banyak orang, tidakkah Anda tergerak untuk membuatnya? Setidaknya Anda dapat membuat rancangan/desain gunting rumput yang bentuk, bahan, ukuran, fungsi, bahkan warnanya sesuai dengan keperluan dan selera Anda dan orang banyak. Anda dapat meningkatkan kecepatan bekerja, ketepatan, dan kenyamanan gunting rumput bila dibandingkan dengan gunting rumput yang ada. Bahkan Anda juga dapat memastikan bahwa harga gunting rumput yang Anda buat lebih murah dari harga gunting rumput yang sudah tersedia di pasaran.
Sesudah Anda membaca Pengamatan Kasus 1 sampai dengan 4 di atas, Anda dapat menyimpulkan adanya masalah justru mendorong seseorang mencari ide untuk mengatasinya. Semua benda buatan manusia, apa saja baik benda pakai maupun benda hias, dibuat untuk mengatasi masalah, baik yang   dihadapi seseorang maupun banyak orang.
    Pencetus ide memikirkan pembuatan, terutama, benda pakai, berdasarkan fungsi benda. Fungsi inilah yang akan mempengaruhi bentuk benda. Selanjutnya hal tersebut akan mempengaruhi ukuran dan kekuatan. Hal berikutnya yang dipikirkan pencetus ide, terutama untuk benda kerja adalah kecepatan, ketepatan, dan kenyamanan/kenikmatan. Kenyamanan/ kenikmatan terkait dengan dua hal yaitu kenyamanan/kenikmatan pemakaian benda dan kenyamanan/kenikmatan tampilan. Kenikmatan tampilan ini akan mempengaruhi rancangan tampilan benda yang meliputi antara lain keserasian bentuk keseluruhan, keluwesan bentuk (ergonomis), dan warna.
Pencetus ide pembuatan benda pakai harus juga memperhatikan ukuran manusia (antropometri) pada umumnya atau ukuran bagian tubuh. Contoh nyata pertimbangan antroprometris adalah tinggi dudukkan pada kursi bagi pengguna Asia secara rata-rata dibuat lebih rendah dari pada tinggi dudukan kursi bagi pengguna bangsa lain.
   Pertimbangan pencetus ide pembuatan benda seni berbeda dengan pertimbangan pencetus pembuatan benda pakai. Pertimbangan pembuatan benda seni tidak dimasukkan dalam buku ini.
Kembali pada materi terkait dengan benda pakai berdasarkan pengamatan di atas.
Ketika Anda sampai pada kesimpulan harus mengasah gunting rumput, atau menemukan cara baru mengasah gunting rumput, atau membuat pegangan tangan dari kayu sebagai pengganti pegangan yang hilang, atau memodifikasi benda lain menjadi gunting rumput, atau membuat gunting rumput, berarti Anda sudah menemukan ide sebagai solusi mengatasi masalah Anda. Membuat gunting rumput adalah salah satu ide.
Dalam membuat benda pakai, masalah Anda belum selesai. Gunting rumput yang bagaimana yang akan Anda buat?
Ada beberapa pilihan jenis gunting rumput yang akan Anda buat, antara lain:
1.    gunting rumput besar yang mampu menggunting rumput dengan cepat pada area yang luas;
2.    gunting rumput yang hanya sekali-sekali digunakan untuk merapikan rumput yang tingginya tidak sama;
3.    gunting rumput yang mampu juga untuk memotong ranting kecil di pekarangan rumah.
Fungsi tersebut sudah khusus. Kekhususan fungsi tersebut akan mempengaruhi bentuk ukuran, bahan (terkait dengan kekuatan alat dan penggunanya), bahkan keindahan tampilan termasuk warna.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »