Konsep Sistem Virtualisasi

10:08 PM
   Mesin virtual atau mesin maya (Inggris: virtual machine, disingkat vm) dalam ilmu komputer adalah implementasi perangkat lunak dari sebuah mesin komputer yang dapat menjalankan program sama seperti layaknya sebuah komputer asli.
   Mesin virtual terdiri dari dua kategori besar, dipisahkan menurut cara penggunaan dan tingkat keterhubungannya dengan mesin-mesin aslinya. Sebuah mesin virtual sistem adalah perangkat yang berupa platform sistem yang lengkap dan dapat menjalankan sebuah sistem operasi yang lengkap pula. Sebaliknya, mesin virtual proses didesain untuk menjalankan sebuah program komputer tertentu (tunggal), yang berarti mesin virtual ini mendukung proses tertentu juga. Karakteristik mendasar dari sebuah mesin virtual adalah batasan-batasan bagi perangkat lunak yang berjalan di dalam mesin tersebut, sumber daya yang dibatasi, dan tidak dapat mengakses ke luar tembok batasan dunia maya itu.
    Virtual machine monitor (VMM) atau hypervisor merupakan bagian dari perangkat lunak yang membuat atau mensimulasikan virtual machine. Abstraksi mesin yang dibuat oleh VMM disebut virtual machine (VM). Mesin virtual dibedakan menjadi dua yaitu VM type I dan VM type II. Type I VMM tidak menggunakan host operating system, sedangkan type II VMM menggunakan host operating system. Type II disebut juga dengan paravirtual machine. Karena type II VMM menggunakan host operating sytem maka kinerjanya lebih buruk dibandingkan type I VMM.Keuntungan menggunakan mesin virtual adalah : 1) Menyediakan Multiple operating systems. 2) menyediakan Individual applications. 3) meningkatkan sumber daya kompter. 4). Meningkatkan ketersediaan hardware. 5) menyediakan Hardware in-dependence. 6) mudah untuk melakukan pengelolaan (Easy administration). 7) Meningkatkan keamanan dekstop (Improve desktop security)
Aplikasi software yang menyediakan sistem mesin virtual antara lain ialah VM ware, Virtual Box, Virtual PC dan lain-lain. Aplikasi VMware vSphere memberikan sistem virtual, sumber daya komputer, aplikasi, server yang dapat diakses dimana dan kapan saja oleh pengguna. Pelanggan VMware biasanya menghemat 50-70 % biaya to tal TI keseluruhan dengan mengkonsolidasikan sumber daya mereka dan memberikan mesin yang sangat tersedia dengan VMware vSphere. Keunggulan dari sistem ini antara lain adalah

  •  Dapat menjalankan beberapa sistem operasi pada satu komputer termasuk Windows , Linux dan sistem operasi lainnya
  •  Sistem operasi Mac dapat menjalankan Windows dengan menciptakan lingkungan virtual PC untuk semua aplikasi Windows .
  •  Mengurangi biaya modal dengan meningkatkan efisiensi energi dan kebutuhan hardware.
  •  Meningkatkan kinerja dan ketersediaan aplikasi.
  •  Membangun kelangsungan bisnis melalui solusi pemulihan masalah dan memberikan ketersediaan tinggi di seluruh datacenter.
  •  Meningkatkan dekstop enterprise manajemen dan kontrol dengan penyebaran lebih cepat dari desktop dan mengurangi konflik aplikasi

Artikel Terkait

Previous
Next Post »